TAJUK - TINGKATKAN KUALITAS DIRI HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0



Saat ini dunia industri sangat berkembang pesat. Dunia industri memiliki beberapa revolusi serta masa perkembangan yang dimana pada setiap masa  tersebut memiliki keunggulan serta kelemahannya masing – masing.  Tidak terkecuali  saat ini terdapat suatu era industri yang  digadang – gadang akan memanfaatkan teknologi secara optimal yaitu era perkembangan industri yang dijuluki revolusi industri 4.0.  Revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan kemunculan superkomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi otak. 
Adanya revolusi industri ini membuat segala hal menjadi tanpa batas (borderless) dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas (unlimited), karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) serta pendidikan tinggi.
Peran masyarakat sangat diperlukan dalam hal merealisasikan hal ini, tidak terkecuali mencangkup mahasiswa sebagai kaum terpelajar. Mahasiswa diharapkan mampu dalam menghadapi era revolusi industry 4.0 ini serta berperan penting dalam penunjang kualitas ketenaga kerjaan. Hal ini secara tidak langsung membuat peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia luar tidak terkecuali  Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) . Selain memiliki tujuan untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul di berbagai bidang Berbagai kegiatan dilakukan sebagai upaya memfasilitasi dan mempersiapkan mental mahasiswa di lingkungan Undiksha untuk peka terhadap perkembangan industri yang nantinya akan terjadi. Sebagai mahasiswa kita harus perduli terhadap berbagai perkembangan yang tengah terjadi dan mampu berperan aktif agar terwujudnya revolusi industri seperti yang diharapkan.

(PD)

Komentar