OPINI - PISAU BERMATA GANDA DARI INDUSTRI 4.0




Revolusi industry 4.0 adalah peningkatan sector industry, baik itu dalam pengaruh produktivitas maupun kekuatan yang dapat mengubah industry konvensional yang ada saat ini. Revolusi ini ditandai dengan teknologi digital yang menjadi kekuatan penggerak utama dalam perekonomian masa kini dan masa yang akan datang. Perekonomian danmasyarkat saat ini tidak dapat terlepas dari teknologi digital ini yang telah menjangkau praktis semua aktivitas kehidupan.
Kehadiran dari revolusi ini, juga diyakini bakal meningkatkan produktivitas .Banyak survey yang telah dilakukan pada berbagai perusahaan terkemuka mengenai efektifitas dari Industri 4.0. Praktis hamper tidak ada yang meragukannya. Namun tantangan yang sebenarnya adalah kesiapan kita dalam mengarungi hal tersebut, apalagi pemerintah telah mencanangkan peta jalan atau roadmap untuk mendorong revolusi industri 4.0 yang nantinya diharapkan mampu memacu industry unggulan dalam negeri dan mampu berdayasaing global.
Disamping dampak positif yang ada pada revolusi tersebut, masih menyisakan keraguan dan tandatanya di masa depannya. Misalkan penggunaan mesin pintar yang digunakan untuk peningkatan produktivitas. Namun, pada saat yang sama, ini akan berdampak pada pengurangan permintaan terhadap tenaga kerja, termasuk tenaga yang professional sekalipun. Ini akan menjadi tantangan terhadap perguruan-perguruan tinggi untuk dapat mencetak lulusan yang kompeten dan mampu memahami dan menyikapi kondisiini.


Komentar